TENTANG DAFTAR PENCARIAN ARSIP

23 November 2021 | Oleh : Administrator Website | Dilihat 62 kali

TENTANG DAFTAR PENCARIAN ARSIP


Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan disebutkan bahwa salah satu tujuan penyelenggaraan kearsipan adalah untuk menjamin keselamatan dan keamanan arsip sebagai bukti pertanggungjawaban dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Dalam konteks penyelenggaraan kearsipan statis, lembaga kearsipan sesuai wilayah kewenangannya memiliki kewajiban melaksanakan pengelolaan arsip statis sebagai memori kolektif yang diterima dari pencipta arsip melalui kegiatan Akuisisi, Pengolahan, Preservasi, dan Akses Arsip Statis.

Arsip yang tercipta dari kegiatan lembaga Negara dan kegiatan yang menggunakan sumber dana Negara dinyatakan sebagai arsip milik Negara. Oleh karena itu, arsip statis yang dihasilkan oleh pencipta arsip harus diselamatkan dan dilestarikan oleh lembaga kearsipan sebagai memori kolektif bangsa. Namun, saat ini tantangan yang dihadapi oleh lembaga kearsipan adalah belum terkelolanya arsip secara baik sehingga usaha penyelamatan arsip statis mengalami hambatan seperti tidak terlacaknya keberadaan arsip statis, hambatan lain seperti penyerahan arsip (misalnya: bencana, perang, pencurian) sehingga ditemui arsip yang bernilai guna kesejarahan tidak terlacak keberadaannya. Hal ini akan berakibat pada terhambatnya proses penyerahan arsip statis oleh pencipta arsip dan akuisisi oleh Lembaga Kearsipan dikarenakan arsip masih dicari.

Pencarian arsip statis yang keberadaannya masih di luar lembaga kearsipan bukanlah pekerjaan mudah. Oleh karena itu, untuk membantu lembaga kearsipan dalam melakukan pencarian arsip statis sebagai memori kolektif bangsa yang belum menjadi bagian dari khazanah arsip statis yang dikelola oleh lembaga kearsipan perlu dilakukan Pembuatan dan Pengumuman Daftar Pencarian Arsip (DPA). Pembuatan dan Pengumuman Daftar Pencarian Arsip itu bertujuan agar arsip statis dapat diselamatkan dan dilestarikan di lembaga kearsipan sebagai memori kolektif bangsa untuk kepentingan negara, pemerintahan, pelayanan publik dan kesejahteraan rakyat.

Dalam rangka penyelamatan arsip perseorangan tersebut, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat membutuhkan naskahnaskah/ arsip asli Personal File Mantan Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, yaitu Bapak Ir. H. Setia Hidayat dan Bapak Ir. Lex. Laksamana, LAN, Dipl.HE.

Kepada Bapak/Ibu yang memiliki atau mengetahui keberadaan arsip tersebut, agar menyerahkan ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat Jl. Kawaluyaan Indah II No. 4 Bandung secara sukarela. Terima Kasih.

Pengumuman Terpopuler
Penerimaan Tenaga Teknis Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat Tahun Anggaran 2020
09 Desember 2019 | Dilihat 10202 kali

Dalam rangka mendukung tugas dan fungsi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan…

KOLECER dan CANDIL di Jawa Barat
07 Desember 2018 | Dilihat 5855 kali

Sebagai upaya peningkatan gemar Membaca Masyarakat melalui pemberdayaan perpustakaan di…

Facebook Page
Twitter Feed