Pencarian Arsip 20 Tokoh-tokoh Jawa Barat

12 November 2019 | Oleh : Administrator Website | Dilihat 3317 kali

PENCARIAN ARSIP 20 TOKOH-TOKOH JAWA BARAT

 

               Pengelolaan arsip statis dilaksanakan untuk menjamin keselamatan arsip sebagai pertanggungjawaban nasional bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Dalam rangka pengelolaan arsip statis setiap lembaga kearsipan sesuai dengan wilayah kewenangannya akan selalu berupaya menambah atau memperluas khazanah arsip statisnya dari sumber arsip (pencipta arsip atau pemilik arsip), baik melalui proses penyerahan karena kewajiban pencipta arsip ataupun proses ganti rugi oleh lembaga kearsipan kepada pihak yang menyerahkan arsip statisnya. Pencipta arsip sebagai salah satu sumber keberadaan arsip dapat berbentuk lembaga/badan tingkat pusat dan daerah (pemerintah, swasta) ataupun perseorangan (negarawan, budayawan, ilmuwan, dan lain-lain) yang memiliki pengaruh secara nasional dan lokal.  Arsip statis (archives) merupakan jenis arsip yang memiliki nilai guna kesejarahan dan sebagai bahan pertanggungjawaban nasional atas pelaksanaan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Dalam konteks penyelenggaraan kearsipan nasional, keberadaan arsip statis sejatinya bukan lagi berada di lingkungan pencipta arsip (creating agency) tetapi berada di lembaga kearsipan (institutional archives) sebagai organisasi kearsipan yang memiliki fungsi dan tugas mengelola arsip statis dari berbagai pencipta arsip (creator) ataupun pemilik arsip (owner) untuk dimanfaatkan bagi kepentingan publik, ilmu pengetahuan, dan kesejahteraan rakyat.

Pada tahun 2019 ini, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat melakukan penelusuran arsip statis yang masih berada di lingkungan pencipta arsip, berupa 20 orang/tokoh pencipta arsip berbentuk perseorangan atau tokoh-tokoh yang lahir di Jawa Barat sehingga arsip statisnya dapat diselamatkan dan dilestarikan di lembaga kearsipan sebagai memori kolektif bangsa bagi kepentingan publik.  Penetapan tokoh-tokoh yang dilakukan penelusuran arsip bersejarah tahun ini adalah  tokoh yang berada dalam Hall of Fame (panggung Inohong) yang merupakan wahana bentuk apresiasi terhadap pengabdian para tokoh Jawa Barat yang sekaligus sebagai sumber inspirasi bagi generasi penerus. Tokoh-tokoh tersebut berasal dari beragam representatif, seperti Pahlawan Nasional, Pejuang Kemerdekaan, Seniman, Budayawan dan lain-lain.

 

Ke 20 Tokoh-Tokoh Jawa Barat yang dilakukan penelusuran arsipnya adalah:

1.         KH. Abdul Halim (Pahlawan Nasional)

2.         KH. Noer Ali (Pahlawan Nasional)

3.         KH. Zaenal Mustofa (Pahlawan Nasional) 

4.         Raden Dewi Sartika (Pahlawan Nasional)

5.         Mimi Rasinah (Seniman Topeng)

6.         Mak Eroh (Tokoh Lingkungan)

7.         Asep Sunandar Sunarya (Seniman-Dalang)

8.         KH. Anwar Musadad (Pejuang Kemerdekaan)

9.         R. Ayu Lasminingrat (Pejuang Kemerdekaan)

10.      Robby Darwis (Atlet Sepakbola)

11.      Ibu Inggit Ganarsih (Pejuang Kemerdekaan)

12.      Mang Udjo (Tokoh Angklung)

13.      Harry Roesli (Seniman Musik)

14.      Mang Koko/ Seniman Karawitan)

15.      Nike Ardila (Penyanyi)

16.      Darso (Penyanyi  Sunda)

17.      Gugum Gumbira (Seniman Tari)

18.      Kang Ibing (Komedian)

19.      H. Uu Rukmana (Budayawan)

20.      Nano S. (Seniman Karawitan)

 

Dalam rangka penyelamatan arsip perseorangan tersebut, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat membutuhkan Personal File ( Akte Kelahiran, Riwayat Lahir, Ijazah/Riwayat Pendidikan SD, SMP, SLTA yang telah ditempuh, dll) untuk ke 20 Tokoh-Tokoh Jawa Barat tersebut.

Kepada Bapak/Ibu yang memiliki atau mengetahui keberadaan arsip tersebut, agar menyerahkan ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat Jl. Kawaluyaan Indah II No. 4 Bandung secara sukarela. Terima Kasih.

 

 

 

Berita Terpopuler
Pencarian Arsip 20 Tokoh-tokoh Jawa Barat
12 November 2019 | Dilihat 3317 kali

PENCARIAN ARSIP 20 TOKOH-TOKOH JAWA BARAT                  Pengelolaan arsip…`

Pemilihan Duta Perpustakaan Jawa Barat Tahun 2017
31 Maret 2017 | Dilihat 2609 kali

Bandung. Dispusipda Jawa Barat menyelenggarakan Pemilihan Duta Perpustakaan Jawa Barat…`

Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2017
02 Mei 2017 | Dilihat 2406 kali

Bandung. Setiap tanggal 2 Mei  diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional…`

Facebook Page
Twitter Feed