Dispusidpa Sepekan 12 April - 16 April 2021

19 April 2021 | Oleh : Administrator Website | Dilihat 51 kali

Bandung (DISPUSIPDA) - Kolase berita bidang Sekretariat, Pengelolaan Arsip Statis, Pengelolaan Arsip Dinamis (PAD), Perpustakaan Deposit dan Pengembangan Bahan Perpustakaan (PDPBP), Bina Perpustakaan Dan Budaya Gemar Membaca (BPBGM), serta Pelayanan Perpustakaan dan Kearsipan (PPK) selama sepekan, mulai dari Monitor Kinerja Pegawai Hingga Rapat Internal

 

1.    Monitor Kinerja Pegawai, Dispusipda Akan Manfaatkan Aplikasi Mass Tracing Scan QR Code

Dengan menghadirkan Narasumber dari Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Jawa Barat, Kegiatan Sosialisasi Aplikasi Mass Tracing QR Code telah selesai terlaksana pada  Senin (12/4)

Bertempat di Ruang Rapat VIP Dispusipda Jabar, Ibu Eva Fandora, S. T., MT selaku Sekretaris Dinas dan Ibu Iceu Novida S.T.P, MM selaku Ka Subbagian Kepegawaian, Umum dan Kehumasan beserta jajaran berkesempatan mengahadiri kegiatan tersebut. Aplikasi Mass Tracing Scan QR Code ini membantu pelacakan kontak dengan memantau absensi pegawai/pengunjung untuk memudahkan penelusuran kontak erat dari kasus konfirmasi Covid 19 yang berada dalam satu ruangan atau gedung yang sama dan dalam waktu yang sama.

 

2.    Tindak Lanjut Pengaplikasian SIKD,  Rapat Integrasi Data SIAp Jabar Di Selenggarkan

Dipimpin langsung oleh Ibu Vita Putri Utami,S.Sos., M.I.Kom selaku Arsiparis Muda, Rapat Integrasi Data SIAp Jabar dengan Aplikasi SIKD resmi terselenggara pada Senin (12/4)

Bertempat di Ruang Rapat VIP Dispusipda Jabar, Kegiatan ini merupakan tindaklanjut dari SE Gubernur Jawa Barat tentang Penerapan/Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) di Perangkat Daerah dan Biro Sekda Jabar, dan sehubungan dengan kebutuhan data yang akurat dan akuntabel mengenai Susunan Organisasi Perangkat Daerah dan data Pangkat ASN di lingkungan Pemprov Jabar, maka rencananya akan dilakukan intergrasi Data SIAp (Sistem Informasi Aparatur) dan aplikasi SIKD.

 

3.    Workshop dan Sosialisasi di Sipantes Guna Peningkatan Pengelolaan Perpustakaan

Workshop dan Sosialisasi dibuka oleh Bapak Dr. Ir. H. Ahmad Hadadi, M.Si., selaku Kepala Dispusipda Jabar dan dilanjutkan oleh Bapak Dr. H. Ateng Kusnandar Adisaputra, SH., MM selaku Kepala Bidang Bina Perpustakaan dan Budaya Gemar Membaca (BPBGM) yang terlaksana secara daring  pada Selasa (13/4)

Dihadiri oleh Kepala Bidang Perpustakaan dan Pengelola Kolecer se Jawa Barat, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pelaksanaan dan peningkatan kegiatan Pengelolaan Perpustakaan di Tingkat Daerah Provinsi.

 

4.    Kepala Dispusipda Jabar Resmikan Pembukaan Layanan Perpustakaan

  Setelah ditutup beberapa lama karena Pandemi Covid 19, Layanan Perpustakaan Daerah Provinsi Jawa Barat resmi kembali dibuka pada Selasa (13/4) Kegiatan tersebut diresmikan secara simbolis oleh Kadispusipda Jabar, Dr. Ir. H. Ahmad Hadadi, M.Si bersama dengan Kepala Bidang PPK, Ika Hasillah, M.Si,

Pembukaan Layanan Perpustakaan tetap dibarengi dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku dengan tujuan tetap menerapkan protocol kesehatan dan meminimalisir penyeberan virus covid 19.

 

5.          Dispusipda Jabar Gelar Sosialisasi Terkait Penginputan Laporan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) 

Kamis  (15/4) Sosialisasi terkait penginputan Laporan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) resmi terlaksana dengan dihadiri oleh Kadispusipda Jabar, Dr. Ir. H. Ahmad Hadadi, M.Si dan Tim Kepegawaian, Umum dan Kehumasan

Sosialiasasi SPIP ini dalam rangka meningkatkan keyakinan agar tujuan organisasi dapat tercapai serta patuh pada Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah

6.    Dispusipda Jabar Gelar Pengawasan Kearsipan Internal

Dipimpin Kepala Bidang Pengelolaan Arsip Dinamis (PAD), Bapak H. Asep Saepuloh,S.T., M.T. Tim Dispusipda Jabar melakukan Pengawasan Kearsipan Internal ke Perangkat Daerah yaitu Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP2D), dan Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) yang dilaksanakan pada tanggal 13-15 April 2021.

Kegiatan tersebut dilaksankan dengan landasan Pasal 42 ayat 1 Undang-undang 43 tahun 2009 tentang kearsipan, setiap instansi pemerintahan wajib melaksanakan pengelolaan arsip dengan baik dan secara dinamis

 

7.    Dorong Indeks Pemabngunan Literasi Masyarakat, Rapat Instruksi Khusus Pimpinan (IKP) Di Gelar

Jumat (9/4) Rapat Instruksi Khusus Pimpinan (IKP) antara Dispusipda Jabar dengan Bappeda dan TAP resmi dilselenggarakan  secara daring dengan pokok bahasan mengenai IKP khususnya Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat dan Kolecer, yang merupakan program unggulan Dispusipda dan Jabar Juara.

Dalam kegiatan tersebut Ibu Eva Fandora, S.T., M.T. selaku Sekretaris Dispusipda Jabar mempimpin rapat yang dihadiri oleh pejabat struktural Dispusipda Jabar dan tim dari Bapedda (Badan Pembangunan Daerah) dan TAP (Tim Akselerasi Pembangunan) Jabar.


Oleh Pranata Humas Pertama : Gina Regiana, SE., M.AP

Berita Terpopuler
Pencarian Arsip 20 Tokoh-tokoh Jawa Barat
12 November 2019 | Dilihat 3938 kali

PENCARIAN ARSIP 20 TOKOH-TOKOH JAWA BARAT                  Pengelolaan arsip…`

Pemilihan Duta Perpustakaan Jawa Barat Tahun 2017
31 Maret 2017 | Dilihat 2644 kali

Bandung. Dispusipda Jawa Barat menyelenggarakan Pemilihan Duta Perpustakaan Jawa Barat…`

Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2017
02 Mei 2017 | Dilihat 2589 kali

Bandung. Setiap tanggal 2 Mei  diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional…`

Facebook Page
Twitter Feed