Dispusidpa Sepekan 5 April - 9 April 2021

11 April 2021 | Oleh : Administrator Website | Dilihat 64 kali

Dispusipda Sepekan: Dispusip Kota Sukabumi Lakukan Kunjungan Ke Dispusipda Jabar hingga Kunjungan Ke Kampung Adat Cireundeu

      Bandung (DISPUSIPDA) – Kolase berita bidang Sekretariat, Pengelolaan Arsip Statis, Pengelolaan Arsip Dinamis (PAD), Perpustakaan Deposit dan Pengembangan Bahan Perpustakaan (PDPBP), Bina Perpustakaan Dan Budaya Gemar Membaca (BPBGM), serta Pelayanan Perpustakaan dan Kearsipan (PPK) selama sepekan, mulai dari Dispusip Kota Sukabumi Lakukan Kunjungan Ke Dispusipda Jabar hingga Kunjungan Ke Kampung Adat Cireundeu


1.    Tingkatkan Kualitas Tata Kelola Kearsipan, Dispusip Kota Sukabumi Lakukan Kunjungan Ke Dispusipda Jabar

Senin (29/3) Bidang Pengelolaan Arsip Statis (PAS) DIspusipda Jabar secara langsung menerima kunjungan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Sukabumi. Adapun kunjungan tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk melihat tata kelola Bidang Kearsipan Dispusipda Jabar.

 

2.    Kepala Dispusipda Jabar Mantap Ikuti Bimbingan Teknis Manajemen Corporate University

Dilaksanakan secara daring, Kepala Dispusipda Jabar, Bapak Dr. Ir. H. Ahmad Hadadi, M.Si mengikuti Bimbingan Teknis Manajemen Corporate University bagi Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota di Jawa Barat Angkatan II.

Bimtek ini bertujuan untuk menghasilkan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang mampu mengakselerasi perkembangan kompetensi ASN di Jawa Barat melalui internalisasi Corporate University di instansi masing-masing sesuai dengan core bussines-nya.

 

3.    Dua Pustawakan Ahli DIspusipda Jabar Resmi Dilantik Secara Daring

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Bapak Dr. Ir. Setiawan Wangsaatmaja, Dipl, SE, M.Eng. memimpin acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Jabatan Fungsional atau Janji Jabatan ASN Pemerintah Provinsi Jawa Barat secara daring pada Selasa (6/4)

Dalam kegiatan tersebut dua ASN Dispusipda Jabar resmi dilantik yakni Ibu Dra. Umi Salamatun Fauziah (Pustakawan Ahli Muda) dan Bapak Cemon, S.E (Pustakawan Ahli Muda) dengan pedoman Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara No. 21 Tahun 2017.


4.    Forum Group Discussion Salah Satu Cara Tingaktkan Kwalitas Pegawai

  Dengan menghadirkan dua narasumber yakni Bapak Drs. H. Dedi Junaedi, M. Si selaku Pustakawan Utama dan Bapak Khoshi Alfin Maulana, S. Hum, Kegiatan Peningkatan Kompetensi Pustakawan di lingkungan Dispusipda Provinsi Jabar melalui Focussed Group Discussion (FGD) resmi diselenggarakan pada Rabu (7/4).

Kegiatan yang bertempat di Aula Graha Pustaloka tersebut memiliki tujuan yakni meningkatkan pengetahuan, keterampilan, wawasan, dan kompetensi pustakawan agar menjadi pustakawan yang handal dan profesional.


5.    Sosialisasi Program Pembentukan Perda (Propemperda) Tahun 2021 Kuartal I Dialaksanakan Secar Serentak di 4 Daerah di Jawa Barat

Kamis  (9/34) Sosialisasi Program Pembentukan Perda (Propemperda) Tahun 2021 Kuartal I, dilaksankan secara serentak pada tanggal 6-12 April 2021 di Kota Cirebon, Kota Depok, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Tasikmalaya.

Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Provinsi Jawa Barat yang diusulkan Dispusipda Jabar akan dibahas pada Kuartal I Tahun 2021, yaitu: Ranperda tentang Penyelenggaraan Perpustakaan; dan Ranperda tentang Penyelenggaraan Kearsipan

 

6.    Penuhi Kebutuahan Literasi, Rapat Kerja Center Of Excellence (CoE) Tahun 2021 Resmi Diselenggarkan

 

Dengan mengambil tema "Implementasi Tradisi Tulis di Masyarakat Kampung Naga", Rapat Kerja Center Of Excellence (CoE) Tahun 2021 rersmi di selenggarakan pada Rabu (7/4)

Betrmapat di Hotel Savoy Homan, Kegiatan diawali dengan pembacaan laporan kegiatan oleh Bapak Kepala Dispusipda Dr. Ir. H. Ahmad Hadadi., M. Si dilanjutkan sambutan oleh Bapak Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Bapak Dr. Ir. Setiawan Wangsaatmaja, Dipl, SE, M.Eng dengan poko bahasan memenuhi kebutuhan literasi pemustaka akan budaya daerah Jawa yang salah satu didalamnya membahas tentang Kebijakan Pemprov Jabar dalam pelestarian budaya lokal yang ada di Jawa Barat salah satunya yaitu tradisi tulis di masyarakat Kampung Naga.


7.    Dorong Indeks Pemabngunan Literasi Masyarakat, Rapat Instruksi Khusus Pimpinan (IKP) Di Gelar

Jumat (9/4) Rapat Instruksi Khusus Pimpinan (IKP) antara Dispusipda Jabar dengan Bappeda dan TAP resmi dilselenggarakan  secara daring dengan pokok bahasan mengenai IKP khususnya Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat dan Kolecer, yang merupakan program unggulan Dispusipda dan Jabar Juara.

Dalam kegiatan tersebut Ibu Eva Fandora, S.T., M.T. selaku Sekretaris Dispusipda Jabar mempimpin rapat yang dihadiri oleh pejabat struktural Dispusipda Jabar dan tim dari Bapedda (Badan Pembangunan Daerah) dan TAP (Tim Akselerasi Pembangunan) Jabar.


8.    Lestarikan Kebudayaan, Peserta Center of Excellent Lakukan Kunjungan Ke Kampung Adat Cireundeu

Dengan tujuan menambah wawasan keberagaman kebudayaan sunda. Kunjungan peserta Center Of Excellence (CoE) Tahun 2021 ke Kampung Adat Cirendeu telah dilaksanakan pada  Jumat (9/4

Dengan peserta yang terdiri dari Provinsi di Pulau Jawa dan didampingi oleh Bapak Drs. H. Yudi Ridwan, MM selaku Pustakawan Ahli Madya, serta beberapa Pustakawan bidang Deposit Dispusipda Jabar, kegiatan tersebut membahas  tradisi dan kebudayaan masyarakat setempat seperti adat istiadat, ritual, aturan dan norma-norma yang berlaku serta salah satu yang khas yaitu pantangan memakan nasi dari turun temurun.

 

Oleh Pranata Humas Pertama : Gina Regiana, SE., M.AP

Berita Terpopuler
Pencarian Arsip 20 Tokoh-tokoh Jawa Barat
12 November 2019 | Dilihat 3938 kali

PENCARIAN ARSIP 20 TOKOH-TOKOH JAWA BARAT                  Pengelolaan arsip…`

Pemilihan Duta Perpustakaan Jawa Barat Tahun 2017
31 Maret 2017 | Dilihat 2644 kali

Bandung. Dispusipda Jawa Barat menyelenggarakan Pemilihan Duta Perpustakaan Jawa Barat…`

Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2017
02 Mei 2017 | Dilihat 2589 kali

Bandung. Setiap tanggal 2 Mei  diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional…`

Facebook Page
Twitter Feed