Dispusipda Sepekan 22-26 Maret 2021

29 Maret 2021 | Oleh : Administrator Website | Dilihat 42 kali

Dispusipda Sepekan: Wakil Gubernur Jabar Pimpin Langsung Apel Pagi Dispusipda Jabar hingga Rapat Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia (PD IPI) Provinsi Jawa Barat 

 

      Bandung (DISPUSIPDA) - Kolase berita bidang Sekretariat, Pengelolaan Arsip Statis, Pengelolaan Arsip Dinamis (PAD), Perpustakaan Deposit dan Pengembangan Bahan Perpustakaan (PDPBP), Bina Perpustakaan Dan Budaya Gemar Membaca (BPBGM), serta Pelayanan Perpustakaan dan Kearsipan (PPK) selama sepekan, mulai dari Wakil Gubernur Jabar Pimpin Langsung Apel Pagi Dispusipda Jabar hingga Rapat Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia (PD IPI) Provinsi Jawa Barat


1.    Wakil Gubernur Jabar Pimpin Langsung Apel Pagi Dispusipda Jabar

Senin (22/3) Wakil Gubernur Jawa Barat, Bapak H. Uu Ruzhanul Ulum S.E memimpin langsung jalannya Kegiatan Apel Pagi Rutin Dispusipda Jabar secara offline di halaman Gedung Dispusipda Jabar.

Pada kegiatan tersebut dibahas  Pergub No. 15 Tahun 2021 untuk memakai busana santri bagi seluruh pegawai Dispusipda Jabar. Selepas apel, Bapak Wagub berkunjung ke Ruang Restorasi Arsip dan melihat proses perbaikan arsip yang rusak, dilanjutkan ke ruang baca dan kunjungan ke Hall of Fame.

 

2.    Dispusipda Jabar Alokasikan 250 Eksemplar Buku Ke Titik Layanan Pondok Pesantren Sumur Bandung (PS3B)

Dipimpin langsung oleh Ibu Ika Hasillah M.Si selaku Kepala Bidang Pelayanan Perpustakaan dan Kearsipan (PPK), kegiatan kunjungan bidang Pelayanan Perpustakaan dan Kearsipan (PPK) ke Kabupaten Bandung Barat telah resmi terlaksana pada Selasa (23/3).

Kegiatan ini diawali ke Titik Layanan Pondok Pesantren Sumur Bandung (PS3B) Cililin untuk memberikan bantuan pinjaman buku sebanyak 250 eksemplar buku. Kemudian, dilanjutkan membuka layanan perpustakaan keliling (Pusling) serta meninjau pergerakan Kolecer di Titik Layanan Kecamatan Parongpong dan ke Titik Layanan Masjid Besar Lembang.


3.    Dispusipda Jabar Adakan Rapat Bahas Gerakan Literasi Nasional

Dipimpin langsung oleh Bapak Dr. H. Ateng Kusnandar Adisaputra, SH., MM selaku Kepala Bidang Bina Perpustakaan dan Budaya Gemar Membaca (BPBGM), Rapat Pembahasan Kolaborasi Kegiatan GLN Gareulis Jabar dengan Dispusipda Jabar telah resmi digelar pada Selasa (26/3)

Bertempat di ruang rapat BPBGM, rapat ini membahas mengenai rencana kolaborasi antar dua instansi. Kemudian, kegiatan ini ditutup dengan kunjungan ke Hall of Fame yang berada di Lantai 1 Gedung Perpustakaan.


4.    Sesi Wawancara, Tahap Lanjutan Pemilihan Duta Baca Jawa Barat Tahun 2021

  Rabu (24/3) Kegiatan wawancara pemilihan Duta Baca yang bertempat di Aula Graha Pustaloka telah resmi terlaksana. Total 97 peserta dari Kab/Kota se-Jawa Barat yang terbagi menjadi dua sesi wawancara selama dua hari ke depan.

Wawancara merupakan tahap lanjutan dari peserta yang lolos dari seleksi administrasi sebelumnya. Diharapkan dengan diadakannya kegiatan wawancara ini akan terpilih Duta Baca Jawa Barat Tahun 2021 yang berkompeten, berdedikasi, bertekad memajukan budaya literasi Jawa Barat melalui program/kegiatan yang akan dilahirkan sesuai dengan standar penilaian yang dilakukan oleh para juri.


5.    DPR RI Lakukan Kunjungan Kerja Ke Dispusipda Jabar

Rabu (24/3) Bapak H. Asep Saepulloh, S.T, M.T selaku Kepala Bidang Pengelolaan Arsip Dinamis (PAD) menerima langsung kunjungan kerja dari  Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) ke Dispusipda Jabar

Adapun agenda kunjungan tersebut adalah pengumpulan data penyusunan Peraturan Sekjen DPR RI tentang Tata Naskah Dinas Elektronik dan Pengembangan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.


6.    Kunjungan Virtual, Solusi Tepat Di Saat Pandemi

Jumat (26/3) Kunjungan Virtual ke Perpustakaan Umum Jawa Barat dari Sekolah Dasar As-Syifa 2 telah resmi diselenggarakan, diawali dengan berbincang ringan dengan Pustakawan Utama, Bapak H. Riadi, SKM., MPH bersama Pustakawan. Selanjutnya, keseluruhan rangkaian ini diisi dengan berbagai kegiatan seputar pengenalan perpustakaan dan kearsipan, seperti virtual tour Hall of Fame, juga pengenalan dunia kearsipan

Diharapkan dengan adanya kegiatan Kunjungan Virtual Perpustakaan dapat meningkatkan minat membaca serta mendekatkan anak dengan buku.


7.    Rapat Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia (PD IPI) Provinsi Jawa Barat  Fokus Bahas Program Unggulan

Bertempat di Aula Graha Pustaloka, Rapat Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia (PD IPI) Provinsi Jawa Barat resmi diselenggarkan pada Jumat (26/3)

Kegiatan tersebut dibuka oleh Bapak Dr. Ir. H. Ahmad Hadadi, M.Si., selaku Kepala Dispusipda Jabar dan dipimpin oleh Ibu Dr. Hj. Oom Nurrohmah, M.Si selaku Ketua IPI Jabar dengan fokus bahasan mengenai Program Unggulan Jabar Kolecer dan Candil, dukungan gerakan literasi, dukungan terhadap perpustakaan desa/kelurahan, dan pembuatan ontologi bidang kepustakawanan.

 

 Oleh Pranata Humas Pertama : Gina Regiana, SE., M.AP

Berita Terpopuler
Pencarian Arsip 20 Tokoh-tokoh Jawa Barat
12 November 2019 | Dilihat 3317 kali

PENCARIAN ARSIP 20 TOKOH-TOKOH JAWA BARAT                  Pengelolaan arsip…`

Pemilihan Duta Perpustakaan Jawa Barat Tahun 2017
31 Maret 2017 | Dilihat 2609 kali

Bandung. Dispusipda Jawa Barat menyelenggarakan Pemilihan Duta Perpustakaan Jawa Barat…`

Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2017
02 Mei 2017 | Dilihat 2406 kali

Bandung. Setiap tanggal 2 Mei  diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional…`

Facebook Page
Twitter Feed