Dispusipda Sepekan 15-19 Maret 2021

22 Maret 2021 | Oleh : Administrator Website | Dilihat 30 kali

Dispusipda Sepekan: Pegawai Dispusipda Jabar Mulai Gunakan Seragam Pramuka hingga Kunjungan Ke Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Bandung

 

      Bandung (DISPUSIPDA) - Kolase berita bidang Sekretariat, Pengelolaan Arsip Statis, Pengelolaan Arsip Dinamis (PAD), Perpustakaan Deposit dan Pengembangan Bahan Perpustakaan (PDPBP), Bina Perpustakaan Dan Budaya Gemar Membaca (BPBGM), serta Pelayanan Perpustakaan dan Kearsipan (PPK) selama sepekan, mulai dari Pegawai Dispusipda Jabar Mulai Gunakan Seragam Pramuka hingga Kunjungan Ke Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Bandung


1.    Implementasi Pergub No. 15 Tahun 2021, Pegawai Dispusipda Jabar Mulai Gunakan Seragam Pramuka Lengkap Saat Apel dan Rapat Pimpinan

Senin (15/3) Kegiatan Apel Pagi Rutin dan Rapat Pimpinan Dispusipda Jabar secara resmi diselenggarakan secara daring dengan dipimpin langsung oleh Kepala Dispusipda Jabar, Bapak Dr. Ir. H. Ahmad Hadadi, M.Si.

Pada kegiatan tersebut terdapat nuanasa yang berbeda dari kegiatan sebelumnya yakni dipakainya seragam pramuka oleh pegawai Dispusipda Jabar saat kegiatan berlangsung, hal tersebut merupakan implementasi dari Pergub No. 15 Tahun 2021 tentang Pakaian Dinas di Lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat yang dimana pegawai memakai Seragam Pramuka dengan atribut lengkap.

 

2.    Dispusipda Jabar Sambut Baik Kunjungan Konsultasi Yang Di Gagas Komisi III DPRD Kota Banjar 

Kepala Bidang Pelayanan Perpustakaan dan Kearsipan (PPK), Ibu Ika Hasillah M.Si selaku menyambut langsung rombongan Komisi III DPRD Kota Banjar dalam rangka Silaturahmi dan Konsultasi Ke Dispusipda Jabar pada Senin (15/3)

Bertempat di Graha Aula Pustaloka, kegiatan tersebut dilaksanakan dengan maksud Konsultasi Komisi III DPRD Kota Banjar  ke Dispusipda Jabar terkait Pembinaan yang dilakukan oleh Dispusipda Jabar mengenai pengelolaan arsip di Daerah.


3.    Kepala Dispusipda Jabar Terima Langsung Kegiatan Hibah Buku Kementerian Pertanian RI

Kepala Dispusipda Jabar, Bapak Dr.Ir. H. Ahmad Hadadi, M.Si terima langsung Kegiatan Hibah Buku Kementerian Pertanian RI pada Senin (15/3) bertempat di Ruang Rapat VIP Dispusipda Jabar.

Subtansi Penyerahan hibah buku dari Kementerian Pertanian RI ini adalah dalam rangka bantuan kepada OPOP (One Pesantren One Product) melalui Dispusipda Jabar, selanjutnya buku akan diserahkan ke Pondok Pesantren. Buku-buku yang dihibahkan ini terkait dengan pertanian.


4.    Genjot Terus Peningkatan Indeks Baca Masyarakat, Dispusipda Jabar Adakan Kunjungan Ke Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Bandung Barat 

  Sebagai bentuk dukungan dalam usaha Peningkatan Indeks Baca Masayarakat, Dispusipda Jabar melalui bidang Pelayanan Perpustakaan dan Kearsipan (PPK) melakukan kunjungan ke Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Bandung Barat pada Jumat (12/3)

Dengan dipimpin langsung oleh bu Ika Hasillah M.Si selaku Kepala Bidang Pelayanan Perpustakaan dan Kearsipan (PPK), kegiatan ini memiliki fokus utama yakni Indeks Baca Masyarakat meningkat meski dengan keterbatasan ruang gerak yang disebabkan pandemic yang salah satunya adalah dengan program Perpustakaan Keliling.


5.    Tingkatkan Kompetensi Pengelola Perpustakaan, Dispusipda Gelar Bimbingan Teknis Pengelola Perpustakaan Khusus di Jawa Barat Tahun 2021

Selasa (16/3) Dengan menghadirkan Narasumber dari Universitas Telkom, UPI, Dispusip Kota Sukabumi dan Dispusipda, kegiatan Bimbingan Teknis Pengelola Perpustakaan Khusus di Jawa Barat Tahun 2021 yang bertempat di Hotel Shakti Bandung telah resmi diselenggarakan bertempat di Hotel Shakti Bandung.

Dengan bahasan pokok meningkatkan kompetensi pengelola perpustakaan khusus tingkat Provinsi agar dapat mengelola dan memfungsikan perpustakaannya dengan baik yang berorientasi pada kebutuhan pemustaka, kegiatan ini diawali dengan pembacaan laporan kegiatan oleh Dr. H. Ateng Kusnandar Adisaputra, SH., MM selaku Kepala BPBGM selanjutnya sambutan oleh Bapak Kepala Dispusipda Jabar Dr. Ir. H. Ahmad Hadadi, M. Total ada 25 peserta hadir selaku  pengelola perpustakaan di Perangkat Daerah Pemerintah Jawa Barat.


6.    Forum Perangkat Daerah Bidang Perpustakaan dan Kearsipan Tahun 2021 dan Rencana Kerja Tahun 2022 Resmi Diselenggarakan Dengan Tetap Mematuhi Protokol Kesehatan

Dalam rangka meningkatkan sinergitas rencana kerja, Forum Perangkat Daerah Bidang Perpustakaan dan Kearsipan Tahun 2021 dan Rencana Kerja Tahun 2022 resmi terlaksana pada Selasa (16/3) dengan narasumber Dr. Adin Bondar, M.Si selaku Kepala Pusat Analisis Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Baca Perpustakaan Nasional RI, Dr. Rudi Andri Syahputra, M.A., selaku Koordinator Kelompok Substansi Kearsipan Daerah II B Arsip Nasional RI, dan Drs. Idam Rahmat, M.Si., selaku Kepala Bidang Pemerintah dan Pembangunan Manusia Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Barat,

Bertempat di  Grand Sunshine Resort & Covention,  kegiatan tersebut  diawali oleh Laporan dari Dr. Ir. H. Ahmad Hadadi M.Si, selaku Kadispusipda Jabar, dilanjutkan dengan pembukaan oleh Dr. H. Dudi Sudrajat Abdurachim, M.T., selaku Asisten Administrasi Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat  dan ditutup dengan Rapat Pleno Rencana Kerja Tahun 2022 dengan peserta perwakilan dari 26 Kab/Kota se-Jawa Barat pada Bidang Perpustakaan dan Kearsipan, serta 9 Dinas/Biro Pemprov Jabar.


7.    Pimpinan DPRD dan Pansus III DPRD Kabupaten Majalengka bersama Kepala Disarpus Kabupaten Majalengka Adakan Konasultasi Ke Dispusipda Jabar

Kepala Bidang Pelayanan Perpustakaan dan Kearsipan (PPK) Ibu Ika Hasillah M.Si dan Koordinator Pustakawan,  Ibu Dra. Ida Hendrawati, menerima langsung kunjungan Pimpinan DPRD dan Pansus III DPRD Kabupaten Majalengka bersama Kepala Disarpus Kabupaten Majalengka pada Kamis (18/3)

Bertempat  Aula Graha Pustaloka, Tujuan dari kunjungan Pimpinan DPRD dan Pansus III DPRD Kabupaten Majalengka bersama Kepala Disarpus Kabupaten Majalengka ini adalah konsultasi mengenai raperda tentang penyelenggaraan perpustakaan


8.    Kepala Dispusipda Jabar Tinjau Langsung Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Pemulihan Arsip Pasca Bencana

Kamis (18/3)  Kepala Dispusipda Jabar, Bapak  Dr. Ir. H. Ahmad Hadadi, M. Si bersama Kepala Bidang Arsip Statis Bapak Hendra Gunawan, S.I.P, M.M. beserta para Arsiparis Dispusipda Jabar meninjau langsung Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Pemulihan Arsip Pasca Bencana ke Disarpus yang bertempat di Kab. Karawang. Substansi dari kegiatan ini adalah restorasi arsip yang terdampak bencana banjir di bulan lalu.


9.    Dispusipda Jabar Sanggupi Restorasi Arsip Rusak Karena Banjir Di Sukabumi

Jumat (19/3) Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sukabumi berkunjung ke Dispusipda Jabar dalam rangka merestorasi arsip (perbaikan arsip) yang rusak karena bencana banjir di Sukabumi.

Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Bidang Arsip Statis Dispsuipda Jabar. total terdapat 17 berkas Arsip Terjaga yang terdiri dari 14 arsip peta dan tiga buku Kas Desa untuk direstorasi (diperbaiki). Bidang Arsip Statis Dispusipda Jabar tentu saja menyanggupi untuk melakukan restorasi arsip rusak tersebut dan dibuatkan dalam bentuk digital arsip agar lebih terjaga kedepannya.

 

10. Terus Berkontribusi TIngkatkan Indeks Baca Masyarakat. Giliran Bidang Pelayanan Perpustakaan dan Kearsipan (PPK) Lakukan Kunjungan Ke Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Bandung

Kepala Bidang Pelayanan Perpustakaan dan Kearsipan (PPK), Ibu Ika Hasillah M.Si memimpin langsung Kegiatan kunjungan bidang Pelayanan Perpustakaan dan Kearsipan (PPK) ke Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Bandung pada Jumat (19/3)

Subtansi kegiatan ini adalah peningkatan Indeks Baca Masyarakat di Kota Bandung dibarengi dengan stimulus Perpustakaan Keliling (Pusling) di Titik Layanan Kecamatan Sukasari dan dilanjutkan di Titik Layanan Rutan Perempuan Bandung.

 

 Oleh Pranata Humas Pertama : Gina Regiana, SE., M.AP

 

Berita Terpopuler
Pencarian Arsip 20 Tokoh-tokoh Jawa Barat
12 November 2019 | Dilihat 3317 kali

PENCARIAN ARSIP 20 TOKOH-TOKOH JAWA BARAT                  Pengelolaan arsip…`

Pemilihan Duta Perpustakaan Jawa Barat Tahun 2017
31 Maret 2017 | Dilihat 2609 kali

Bandung. Dispusipda Jawa Barat menyelenggarakan Pemilihan Duta Perpustakaan Jawa Barat…`

Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2017
02 Mei 2017 | Dilihat 2406 kali

Bandung. Setiap tanggal 2 Mei  diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional…`

Facebook Page
Twitter Feed