Dispusipda Sepekan : 25 - 29 Januari 2021

29 Januari 2021 | Oleh : Administrator Website | Dilihat 21 kali

Dispusipda Sepekan: Preservasi Arsip Burgerlijke Openbare Werken hingga Realisasi Kolaborasi dalam Dunia Literasi

Bandung (DISPUSIPDA) – Kolase berita bidang Sekretariat, Pengelolaan Arsip Statis, Pengelolaan Arsip Dinamis (PAD), Perpustakaan Deposit dan Pengembangan Bahan Perpustakaan (PDPBP), Bina Perpustakaan Dan Budaya Gemar Membaca (BPBGM), serta Pelayanan Perpustakaan dan Kearsipan (PPK) selama sepekan, mulai dari preservasi arsip kartografi tahun 1890-an hingga kolaborasi dalam Lomba Vlog Literasi.

1. Konsistensi Tim Preservasi Arsip Dispusipda Jabar Lestarikan Arsip
Arsiparis Bidang Pengelolaan Arsip Statis Dispusipda Jabar melaksanakan proses laminasi pada salah satu memori kolektif bangsa, yakni arsip kartografi (Burgerlijke Openbare Werken) tahun 1890 - 1968.
Arsip ini berisi ketentuan dan ketetapan umum tentang teknik perencanaan biaya proyek pada Pemerintah Belanda. Metode Laminasi sendiri merupakan teknik preservasi terhadap kertas atau dokumen yang rusak dengan menggunakan japanese tissue dan kertas concorde. Nantinya, arsip tersebut akan dilapisi agar menjadi utuh dan awet.

2. Persiapkan 2021, Dispusipda Laksanakan Elaborasi Evaluasi Anggaran Kas
Dengan dipimpin oleh Kepala Dispusipda Jabar, Bapak Dr. Ir. H. Ahmad Hadadi, M.Si, elaborasi evaluasi anggaran kas pada setiap bidang telah usai terlaksana. Proses ini merupakan salah satu langkah penjabaran, pengembangan dan pengkajian karena kas merupakan salah satu aset yang menentukan roda operasional instansi pemerintah.
Rangkaian evaluasi yang dilaksanakan pekan ini adalah untuk Bidang Sekretariat, Pengelolaan Arsip Statis (PAS) Pelayanan Perpustakaan dan Kearsipan (PPK) yang berlangsung pada Selasa dan Bidang Perpustakaan Deposit dan Pengembangan Bahan Perpustakaan (PDPBP) pada esok harinya.

3. Mengaplikasikan PP Nomor 46/2011, Asistensi SKP Tahunan Digelar
Asistensi Input Sasaran Kerja Pegawai (SKP) Tahunan ini seyogyanya dilaksanakan dalam upaya memenuhi kelengkapan usulan kenaikan pangkat pegawai periode April 2021 mendatang yang bersamaan dengan berakhirnya input aktivitas SKP pada Aplikasi TRK untuk periode tahun 2020.
Seluruh Pejabat Fungsional Pustakawan pada bidang PDPBP, BPBGM dan PPK hadir dalam proses asistensi yang diawali oleh Ka Subbagian Kepegawaian, Umum dan Kehumasan, Ibu Iceu Novida S.T.P, MM, serta dilanjutkan tutorial pengisian SKP oleh Bapak Nana Surjana S.I.P.

4. Kolaborasi dengan MiMHa Bandung, Langkah Jemput Bola Dispusipda Tingkatkan Indeks Baca
Tingkatkan Indeks Baca Masyarakat yang sempat menurun, menjadi salah satu fokus utama dari Dispusipda Jabar pada Tahun 2021 ini. Dalam merealisasikan hal tersebut, Dispusipda Jabar bersama dengan Madrasah Interaktif Miftahul Huda (MiMHa) Bandung, berkolaborasi dengan mengadakan Lomba Vlog Literasi untuk memperebutkan Piala Bunda Literasi Jawa Barat pada Selasa (26/1) lalu.
Agar harmonisasi lomba ini terjalin, selanjutnya dilaksanakan diskusi mengenai detail-detail Lomba Vlog Literasi pada Kamis (28/1). Selain itu, untuk memperluas kolaborasi dalam sektor publikasi, Dispusipda Jabar juga menggaet Penerbit Erlangga dan Harian Umum Nasional, Republika untuk perwakilan Jawa Barat.

5. Kerja Keras Dispusipda dalam Penyelamatan Arsip Penanganan Covid-19
Ambisi menghadirkan Gallery Archives of Covid-19 West Java Province pada 2023 mendatang, menjadi salah satu tujuan diadakannya Webinar Teknis Tindak Lanjut Surat Edaran Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat tentang Penanganan Arsip Covid-19 ini. Hadirnya galeri tersebut diharapakan akan menjadi media pembelajaran dan memori kolektif bangsa karena menyangkut aspek sosial, politik, budaya. sejarah dan juga agama, ungkap Dr. Ir. H. Ahmad Hadadi, M.Si, selaku Kepala Dispusipda Jabar.

Dengan menyasar pada lingkup Perangkat Daerah Provinsi Jawa Barat dan Lembaga Kearsipan Daerah Se-Jawa Barat, pemaparan materi ini diharapkan dapat menjadi pematik bagi seluruh pihak yang bergelut dalam dunia kearsipan, khususnya Arsip Penanganan COVID-19 agar melakukan upaya penyelamatan arsip tersebut.

6. Kunjungan Virtual Menjawab Tingginya Antusiasme Siswa yang ingin berkunjung ke Perpustakaan
Dispusipda berinovasi dengan menghadirkan kunjungan virtual untuk menjawab tingginya antusiasme masyarakat, khususnya siswa-siswi yang ingin mengunjungi Perpustakaan Umum Jawa Barat di tengah keterbatasan pandemi COVID-19 ini.
Kunjungan virtual bagi siswa-siswi ini berisi pengenalan perpustakaan dan kearsipan secara daring dan juga dihadirkan virtual tour Hall of Fame, yang menjadi salah satu ciri khas dari Perpustakaan Umum ini. Selain itu, Dispusipda Jabar juga kembali mendekatkan siswa-siswi dengan Aplikasi CANDIL, agar tetap dapat dekat dengan buku.

Berita Terpopuler
Pemilihan Duta Perpustakaan Jawa Barat Tahun 2017
31 Maret 2017 | Dilihat 2566 kali

Bandung. Dispusipda Jawa Barat menyelenggarakan Pemilihan Duta Perpustakaan Jawa Barat…`

Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2017
02 Mei 2017 | Dilihat 2361 kali

Bandung. Setiap tanggal 2 Mei  diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional…`

Hasil Lomba Bercerita bagi Siswa SD/MI Tingkat Provinsi jawa Barat Tahun 2017
30 Mei 2017 | Dilihat 2146 kali

Bandung (30/5). Dispusipda Jawa Barat telah melaksanakan lomba bercerita tingkat…`

Facebook Page
Twitter Feed