Dispusipda Sepekan : 08 - 12 Februari 2021

12 Februari 2021 | Oleh : Administrator Website | Dilihat 83 kali

Dispusipda Sepekan: Orientasi CPNS hingga Kerjasama Dengan Harian Umum Republika Jabar

      Bandung (DISPUSIPDA) – Kolase berita bidang Sekretariat, Pengelolaan Arsip Statis, Pengelolaan Arsip Dinamis (PAD), Perpustakaan Deposit dan Pengembangan Bahan Perpustakaan (PDPBP), Bina Perpustakaan Dan Budaya Gemar Membaca (BPBGM), serta Pelayanan Perpustakaan dan Kearsipan (PPK) selama sepekan, mulai dari orientasi CPNS hingga Kerjasama Dengan Harian Umum Republika Jabar

1.    Orientasi CPNS, Dispusipda Jabar Lepas 5 Pegawai

Dipimpin langsung oleh Kepala Dispusipda Jabar Bapak Dr. Ir. H. Ahmad Hadadi, M.Si, kegiatan Pelepasan Orientasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) resmi digelar dengan fokus utama pengenalan akan informasi mengenai perusahaan/organisasi, jabatan dan kelompok kerja.

Kelima pegawai yang mengikuti kegiatan ini adalah Raden Andhika Muharmansyah, S.T (Analis Sistem Informasi dan Jaringan), Zuharin Insana, S.I.Kom (Analis Humas), Erick Muhammad Septian, S.Ak (Analis Barang Milik Negara), Muhammad Ariz Amarulloh (Pengelola Keuangan), dan Muhammad Farhan (Pengelola Keuangan).

2.    Revisi Perda No. 17 Tahun 2011, Dispusipda Jabar gelar RAPERDA

Rapat  Penyusunan Rancangan Peraturan Daerah (RAPERDA) resmi digelar pada Rabu (10/2), dengan mengusung subtansi melakukan penyusunan revisi terhadap Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat Nomor 17 Tahun 2011 Tentang Penyelenggaraan Perpustakaan dan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat Nomor 18 Tahun 2011 Tentang Penyelenggaraan Kearsipan 

Sekretaris Dispusipda Jabar, Ibu Dra. Hj. Dinny Resmiati, M.Si ikut andil bagian menjadi pimpinan rapat, selain itu Tim Penyusun Raperda Fikom Unpad dan Fisip Unpad  serta perwakilan fungsionalis Arsiparis dan Pustakawan pun turut hadir.  Kegiatan yang berlangsung terbilang sukses karena mampu mengkolaborasikan semua gagasan serta ide akan revisi Perda yang sedang dibahas.

3.    Sosialiasi Pra Akreditasi Perpustakaan Dorong Peningkatan Indeks Baca Masyarakat

  Sebagai bentuk kontribusi peningkatan Indeks Baca Masyarakat, Dispusipda Jabar menggelar Sosialisasi Pra Akreditasi Perpustakan yang bertempat di SMA 1 Singaparna pada Rabu (10/2). Kepala Dispusipda Jabar Bapak Dr. Ir. H. Ahmad Hadadi, M.Si.,  bersama perwakilan dari beberapa Kepala Sekolah dan Kepala Dinas Kabupaten Tasikmalaya turut serta hadir dalam acara ini

Kepala Dispusipda Jabar memberikan pesan  bahwa dalam upaya peningkatan Indeks Baca Masyarakat bisa dengan mengaplikasikan Gerakan Literasi  pada lingkup keluarga, sekolah dan masyarakat. Dengan Gerakan tersebut diharapkan dapat memacu dan mendorong peningkatan Indeks Baca Masyarakat sehingga Gerakan Literasi menjadi sebuah budaya di masyarkat Jawa Barat.

           

4.     Peduli Sampah Non Organik, Dispusipda Jabar gandeng PT Advis Media Digital Aplikasi Ciptakan Greeny

Greeny merupakan aplikasi ciptaan PT Advis Media Digita Aplikasi yang berfokus pada sistem penjemputan sampah non organik dengan sistem kerja Mitra Greeny yang ada menjemput sampah non organik yang sudah dibungkus wadah khusus Greeny, jumlah sampah non organik akan di timbang dan akan mucul hasilnya pada aplikasi, selain menjaga kebersihan lingkungan pengguna bisa menukarkan hasil pengumpulan sampah ke dalam bentuk uang digital.

Dispusipda Jabar secara resmi sudah memulai simulasi penggunaan aplikasi Greeny pada Rabu (10/2) dengan harapan jangka panjang dalam efektifitas pengelolaan sampah non organik yang juga dapat dilakukan sekaligus memberikan manfaat  bagi masyarakat dan Mitra Greeny.

5.    Tindak Lanjut RAPERDA, Kali ini Berfokus Pada Bidang Perpustakaan

Dispusipda Jabar kembali menggelar RAPERDA pada Kamis (11/2) dengan fokus utama membahas Draft Perda serta Daftar Inventarisasi Masalah berikut Outline Pergub guna menunjang penysunan perubahan Perda tentang Perpustakaan.

Raperda kali ini dipimpin langsung oleh Bapak H.Riadi, SKM., selaku pustakwan utama dan dihadiri oleh Kepala Bidang Deposit dan Pengembangan Bahan Perpustakaab, Bapak Drs. Yudi Ridwan, M.M., serta Kepala Bidang Pelayanan Perpustakaan dan Kearsipan Dr. Hj. Lilis Rosita, M.Si bersama pejabat fungsionalis pustakawan lainnya.

6.    Dispusipda Jabar Teken Kerjasama Dengan Harian Umum Republika Jabar Terkait Pembudayaan Kegemaran Membaca

Kepala Dispusipda Jabar, Bapak Dr. Ir. H. Ahmad Hadadi, M.Si. bersama Perwakilan Republika Jabar, Bapak Rachmat Santosa Basarah secara resmi menandatangani kerjasama terkait pembudayaan kegemaran minat membaca pada Kamis (11/2).

Dispusipda Jabar dan Harian Umum Republika Jabar memiliki visi  yang sama dalam pengembangan pembudayaan kegemaran membaca dan literasi kualitas sumber daya manusia yang dibarengi dengan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berfokus di wilayah Jawa Barat.

Berita Terpopuler
Pemilihan Duta Perpustakaan Jawa Barat Tahun 2017
31 Maret 2017 | Dilihat 2566 kali

Bandung. Dispusipda Jawa Barat menyelenggarakan Pemilihan Duta Perpustakaan Jawa Barat…`

Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2017
02 Mei 2017 | Dilihat 2361 kali

Bandung. Setiap tanggal 2 Mei  diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional…`

Hasil Lomba Bercerita bagi Siswa SD/MI Tingkat Provinsi jawa Barat Tahun 2017
30 Mei 2017 | Dilihat 2146 kali

Bandung (30/5). Dispusipda Jawa Barat telah melaksanakan lomba bercerita tingkat…`

Facebook Page
Twitter Feed