Festival Literasi 2019, Wujud Komitmen Pemprov Jabar Tingkatkan Budaya Literasi

20 April 2019 | Oleh : Administrator Website | Dilihat 108 kali

BANDUNG, - Pemerintah Provinsi Jawa Barat berkomitmen untuk terus mendorong budaya literasi di semua level masyarakat. Salah satu bentuk komitmen tersebut tertuang dalam Deklarasi Literasi untuk Jawa Barat Juara Lahir dan Batin dalam acara Festival Literasi 2019 “Habis Gelap Terbitlah Terang”, Sabtu, (20/4/2019) di Gedung Sate Bandung.

“Jawa Barat sedang ngebut meningkatkan indeks literasi. Ini menunjukkan komitmen di level teknis kita sangat kuat, bukan hanya basa-basi atau sekedar seremoni saja,” Kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil seusai penandatanganan Deklarasi Literasi. 

Ditandatangani bersama Kepala Perpustakaan Nasional RI M. Syarief Bando, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Jawa Barat Riadi, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat Doni P. Joewono, Bunda Literasi Jawa Barat Atalia Praratya, serta Plt. Direktur Utama bjb Agus Mulyana, isi dari deklarasi tersebut yaitu: Siap mendukung gerakan literasi untuk Jawa Barat Juara Lahir Batin, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jawa Barat. Kedua, menjadikan perpustakaan sebagai wahana belajar masyarakat sepanjang hayat, dengan prinsip terbuka, menyenangkan, dan menjunjung kebermanfaatan yang tinggi bagi masyarakat Jawa Barat, dalam meningkatkan kualitas hidupnya, melalui program transformasi, perpustakaan berbasis inklusi sosial di Jawa Barat.

Ketiga, sesuai dengan kewenangan kami masing-masing mendukung gerakan literasi di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam mewujudkan masyarakat literat yang berkarakter dan adaptif terhadap perkembangan zaman. Keempat, membangun kolaborasi untuk melakukan inovasi kreasi literasi dalam mewujudkan masyarakat cerdas.

Ridwan Kamil berharap program tersebut  dapat berjalan dengan maksimal. "Termasuk kita sedang menyiapkan program membaca sebelum masuk kelas di semua jenjang pendidikan. Semuanya kita budayakan membaca," ungkapnya. 

Dalam gelaran tersebut, Atalia Praratya Kamil selaku Bunda Literasi Jawa Barat juga merilis dua buku hasil karyanya, yaitu buku dongeng anak-anak berjudul Mia dan Ikan Goreng juga "Catatan Kecil Tentang Kita". 

“Ini adalah buku kedua dan ketiga saya. Harapannya adalah membuat mereka (masyarakat) terpengaruhi semua, bahwa membaca saja tidak cukup dan menulis pun penting, sehingga ke depannya lebih banyak lagi penulis dan penerbit yang mampu menghadirkan karya-karya yang baik,” ujar Atalia.

Buku “Mia dan Ikan Goreng” tersebut menurut Atalia terinspirasi dari perannya sebagai Bunda Paud dan Ketua Umum Forikan. “Penting sekali untuk menyampaikan hal terkait dengan Gemar Makan Ikan (Gemarikan). Saya mencari buku-buku itu di seluruh Indonesia tapi tidak ada,” ujarnya.

Sementara itu buku "Catatan Kecil Tentang Kita" lanjut Atalia, terinspirasi dari kesehariannya bertemu dengan masyarakat. Ia pun mendedikasikan buku ini bagi perempuan Indonesia.

“Ketika saya bertemu seseorang Ibu, kalau memberi masukan dan masukan itu saya tulis dalam buku, saya bertemu dengan anak-anak itu juga jadi inspirasi saya, saya berinteraksi dengan siapapun saya tulis di buku ini ,” ujar Atalia.

Selain pasar buku dari berbagai penerbit dan pameran produk literasi dari 27 kota/kabupaten se-Jawa Barat, agenda Festival Literasi 2019 bersamaan dengan gelaran Rapat Koordinasi dan Workshop Bunda Literasi kota/kabupaten se-Jawa Barat. Selain itu, ada pula permainan literasi, lomba puisi Piala Bunda Literasi Provinsi Jawa Barat, dan flash mob “Ayo Membaca”.

Para pengunjung festival ini juga menikmati penampilan dari Tulus, Ferry Curtis, Pendongeng Kak Andi Yudha, Star Syndrome Band, Angklung Forkopimda, serta berbagai penampilan dari sekolah di wilayah Bandung Raya. (*)
Berita Terpopuler
Pemilihan Duta Perpustakaan Jawa Barat Tahun 2017
31 Maret 2017 | Dilihat 1899 kali

Bandung. Dispusipda Jawa Barat menyelenggarakan Pemilihan Duta Perpustakaan Jawa Barat…`

Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2017
02 Mei 2017 | Dilihat 1608 kali

Bandung. Setiap tanggal 2 Mei  diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional…`

Hasil Lomba Bercerita bagi Siswa SD/MI Tingkat Provinsi jawa Barat Tahun 2017
30 Mei 2017 | Dilihat 1509 kali

Bandung (30/5). Dispusipda Jawa Barat telah melaksanakan lomba bercerita tingkat…`

Facebook Page
Twitter Feed