Setiap Anak Terlahir Istimewa

03 November 2016 | Oleh : Administrator Website | Dilihat 349 kali

Bunda Literasi Jawa Barat, Dr.Hj. Netty Prasetiyani Heryawan, M.Si. menjelaskan bahwa setiap anak adalah terlahir istimewa.Terlahir sebagai anak pilihan. Anak merupakan amanah, bukan beban. Untuk itu, dia mengajak kepada para orangtua untuk mengajarkan anak-anaknya menjadi cerdas dalam melakukan pilihan.

“Di dalam gelombang kehidupan yang tidak selamanya aman, kita harus ajarkan mereka menjadi cerdas memilih yang terbaik.” Katanya saat menghadiri Kreasi Literasi dalam rangka Hari Kunjung Perpustakaan 2016 yang diselenggarakan oleh Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat, di Aula Lantai 4 Gedung Perpustakaan Bapusipda, Jl. Kawaluyaan Indah II, Kota Bandung, Kamis (3/11).

 

Lebih jauh Netty memaparkan, banyak orangtua nyasar, yang  menginginkan anak-anaknya menjadi yang terbaik tetapi tidak tahu bagaimana caranya. Sambil tersenyum Netty mencontohkan, ada orang tua yang ingin anaknya soleh dan rajin solat. Tetapi mereka sendiri tidak memberikan teladan. “Bagaimana mungkin?” Ujarnya.

 

“Selain orang tua nyasar, ada juga orang tua bayar.” Tambahnya. “Ini sama saja. Bedanya orangtua bayar memiliki duit. Mereka kirim anaknya ke sekolah mahal agar menjadi yang terbaik. Mereka kirim ke ustadz agar bisa ngaji dan rajin ibadah. Ibaratnya, kita punya mobil bannya bocor, setiap bocor kita kirim ke tukang tambal. Bocor lagi kirim lagi ke tukang tambal.” Katanya. “Yang terbaik itu adalah menjadi orang tua yang sadar. Sadar untuk membaca situasi. Situasi lingkungan, perkembangan teknologi gawai yang tidak selamanya aman bagi anak. “ Ujarnya.

 

Selanjutnya, Bunda Literasi Jawa Barat ini mengajak para orangtua meluangkanlah waktu minimal 20 menit sehari untuk melakukan aktivitas bersama. Berbicara dan berdialog.