Lomba Mendongeng, Umpan Kemajuan Literasi Jabar

02 November 2016 | Oleh : Administrator Website | Dilihat 434 kali

Bandung - Ditandai dengan pembunyian angklung, Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Barat yang juga menjadi Bunda Literasi Jawa Barat Netty Heryawan melaunching GERITA (Gerakan Ibu Bercerita), di Bale Asri Pusdai Bandung, Rabu (02/11/16).

Sebagai bentuk komitmen dalam rangka menumbuhkan minat baca masyarakat, Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Bapusipda) Jawa Barat menggelar Lomba Mendongeng yang diikuti lebih dari 85 kader PKK Kabupaten/Kota se-Jawa Barat. Penilaian dilakukan berdasarkan judul buku, penampilan, teknik dan bercerita, hingga penguasaan panggung. Pendongeng terbaik pertama akan mendapatkan piala bergilir dari Bunda Literasi Jabar.

Kepala Bapusipda Jabar Nenny Kencanawati mengungkapkan lomba ini merupakan implementasi dari program 20 menit orangtua mendampingi anak yang dicanangkan sejak 20 Mei 2015 lalu. Sedangkan GERITA menjadi langkah pembuka didirikannya Komindo (Komunitas Ibu-ibu Mendongeng). Nenny berharap lomba ini dapat dilaksanakan secara rutin dan melibatkan masyarakat luas.




"Mudah-mudahan lomba ini dapat terus berlanjut, dalam rangka mem-viral-kan gerakan membaca melalui kader-kader PKK. Bahkan nanti pesertanya bukan hanya kader PKK, tapi juga masyarakat", kata Nenny dalam sambutannya.

Sepakat dengan Nenny, Netty menyebutkan bahwa lomba ini juga merupakan strategi wujudkan Jabar Membaca, serta membangun kemampuan literasi masyarakat. Lebih jauh Netty memaparkan betapa besar magnet ibu yang bercerita kepada anak. Menurutnya, mendongeng bukan hanya aktifitas di waktu kosong, tetapi dapat merangsang keterampilan mendengar dan berbicara anak, memperkaya kosakata anak, juga mempererat hubungan ikatan emosi antara ibu dan anak, karena dongeng menunjukkan ekspresi dan memunculkan interaksi.

"Mengapa harus ibu? Karena yang paling banyak menghabiskan waktu dengan anak adalah ibu. Anak selalu bergantung pada ibu." kata Netty ditemui usai acara.

"Karena itulah, ibu-ibu sekarang harus dituntut menjadi perempuan cerdas, sadar dan mau belajar untuk menjadi pengajar pertama bagi anak-anaknya." sambung Netty. (Humas Jabar)




Berita Terpopuler
Pemilihan Duta Perpustakaan Jawa Barat Tahun 2017
31 Maret 2017 | Dilihat 2295 kali

Bandung. Dispusipda Jawa Barat menyelenggarakan Pemilihan Duta Perpustakaan Jawa Barat…`

Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2017
02 Mei 2017 | Dilihat 1953 kali

Bandung. Setiap tanggal 2 Mei  diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional…`

Hasil Lomba Bercerita bagi Siswa SD/MI Tingkat Provinsi jawa Barat Tahun 2017
30 Mei 2017 | Dilihat 1885 kali

Bandung (30/5). Dispusipda Jawa Barat telah melaksanakan lomba bercerita tingkat…`

Facebook Page
Twitter Feed