Duta Baca Indonesia

13 Desember 2006 | Oleh : Administrator Website | Dilihat 637 kali

Untuk terealisasikannya program dan kegiatan pengembangan minat baca Perpustakaan Nasional Republik Indonesia bekerja sama dengan berbagai instansi terkait baik pemerintah maupun swasta. Diantaranya Perhimpunan Persahabatan Indonesia Amerika PPIA dimana Tantowi Yahya sebagai ketua dan terpilih sebagai Duta Baca Indonesia.

Duta Baca Indonesia memegang peran sebagai motivator dan motor penggerak minat baca masyarakat dalam berbagai kegiatan kampanye lisan dan tulisan yang direncanakan dan dilaksanakan Perpustakaan Nasional RI sebagai implementasi pencanangan Gerakan Membaca Nasional oleh Presiden RI tanggal 12 Nopember 2003.

Tujuan dari Duta Baca Indonesia adalah:

1 Sebagai motivator peningkatan minat baca masyarakat

2 Merupakan juru kampanye minat baca masyarakat Indonesia

3 Merupakan panutan dalam menumbuhkembangkan minat baca

4 Sebagai sebuah simbol bagi bangkitnya kesadaran membaca masyarakat Indonesia

Visi Duta Baca Indonesia

  • Menjadikan Kegiatan Membaca Sebagai Watak Khas Keluarga Indonesia

Misi Duta Baca Indonesia

1 Meningkatnya peran keluarga sebagai awal kegiatan membaca

2 Memotivasi orang tua untuk menyediakan kebutuhan akan bahan bacaan kepada anaknya

3 Menciptakan figur ibuwanita yang memberi teladan membaca

Tema DBI

  • Keluarga sebagai rumah buku

Moto DBI

  • buku Perpustakaan Pertamaku

Program Kampanye Publik

a. Bekerja sama dengan berbagai organisasi kewanitaan untuk mendapatkan akses dan mengadakan pelatihan kader keluarga membaca

b. Mengadakan kampanye tulisan untuk sosialisasi visi dan misi DBI 2006 dengan tema yang hendak diusung


Tentang Duta Baca

    Tantowi Yahya yang lahir di Palembang tanggal 29 Oktober 1960 pernah menyandang julukan master of ceremony termahal dengan bayaran Rp 1 miliar. Tapi kata Tantowi Itu hanya isu Gosip apapun terlepas dari itu Tantowi memang kini terkenal sebagai presenter Dan itu bukan jatuh dari langit.

Sejak kecil cita-citanya jadi Diplomat tapi kandas karena lulusan STM waktu itu tidak boleh melanjutkan kuliah ke Universitas. Kalau saja saya dulu lulusan SMA saya akan masuk jurusan hubungan Internasional, Kata pengagum John F Kennedy ini. Cita-cita itu akhirnya dipendam walau ia masih tetap ingin mewujudkannya.

    Lulus STM Tantowi sempat pindah-pindah akademi. Sempat masuk akademi perhotelan di Yogya kemudian ia pindah ke Bandung juga di institut perhotelan. Walau hanya satu tahun, Beberapa kali ia pindah kerja dari hotel yang satu ke hotel yang lain dari posisi receptionist sampai asisten manajer. Toh ia tak betah juga karena kerja di hotel kurang tantangan.

    Suatu ketika pada tahun 1987 Wakil Direktur PT BASF Indonesia menawari kerja di kantornya Maka Tantowi pindah kerja ke BASF dari promotion officer sampai public relation manager.  Tujuh tahun kemudian Tantowi keluar dan mendirikan PT Ciptadaya Prestasi perusahaan yang bergerak di bidang rekaman dan jasa penyelenggaraan pertunjukan.

    Selama lima tahun sejak 1989 wajahnya nongol di TVRI ketika membawakan acara kuis Gita Remaja di TVRI arahan Ani Sumadi Dialah yang melahirkan saya menjadi orang televisi sebagaimana sekarang ini kata Tantowi Dan ia tak hanya mengandalkan hoki tapi juga kemampuan.

    Menjadi MC Twilite Orchestra di Puri Agung Sahid 1993 adalah pengalamannya yang paling berkesan. Konser baru berjalan dua lagu tiba-tiba lampu mati. Ia langsung naik panggung mengambil mikrofon yang masih nyala dan ada titik cahaya yang mengarah ke dirinya Kurang lebih 20 menit saya bikin joke Penonton pun terhibur.

    Tampilnya di kuis Who Wants To be a Millionaire di RCTI menurut penerima penghargaan sebagai Penyanyi Country amp Balada Terbaik AMISharp Awards 2001 itu yang paling menarik. Kalaupun saya pensiun karena sesuatu dan lain hal saya tidak penasaran lagi.

    Semoga dengan adanya Duta Baca Indonesia ini akan menjadi icon dalam menumbuhkembangkan dan mensosialisasikan minat dan kebiasaan membaca di masyarakat Indonesia.

Berita Terpopuler
Pemilihan Duta Perpustakaan Jawa Barat Tahun 2017
31 Maret 2017 | Dilihat 917 kali

Bandung. Dispusipda Jawa Barat menyelenggarakan Pemilihan Duta Perpustakaan Jawa Barat…`

Duta Baca Indonesia
13 Desember 2006 | Dilihat 637 kali

Untuk terealisasikannya program dan kegiatan pengembangan minat baca Perpustakaan Nasional…`

Hasil Lomba Bercerita bagi Siswa SD/MI Tingkat Provinsi jawa Barat Tahun 2017
30 Mei 2017 | Dilihat 610 kali

Bandung (30/5). Dispusipda Jawa Barat telah melaksanakan lomba bercerita tingkat…`

Facebook Page
Twitter Feed