Maklumat Pelayanan sebagai bentuk Sustainable Commitment dalam Zona Integritas dan Reformasi Birokrasi Dispusipda Jabar

07 Oktober 2019 | Oleh : Administrator Website | Dilihat 196 kali

Pada saat Zona Integritas dan Reformasi Birokrasi dideklarasikan di lingkungan Dispusipda Provinsi Jawa Barat, Kepala Dinas telah berpesan bahwa proses penegakan zona integritas ini tidak terpisahkan dengan penguatan komitmen, keduanya harus ada bersama sebagai sustainable commitment.

 

Proses ini pun tidak berhenti setelah terwujud "Wilayah Bebas KKN" di sebuah lembaga. Tidak boleh mengendur, harus dijaga menjadi budaya kerja yang dapat terus diwariskan lintas generasi. 

 

Janji lembaga untuk mampu menjaga prestasi kerja sesuai standar, dan kualitas pelayanan yang baik pada masyarakat telah tertuang dalam dokumen Maklumat Pelayanan. Dokumen ini bahkan terpampang di ruang-ruang pelayanan  Dispusipda, sehingga dapat dibaca oleh khalayak luas. Jika ada masyarakat yang menilai dan memiliki bukti yang kuat tentang kualitas pelayanan lembaga belum sesuai standar yang berlaku, dapat mengajukan kritik dan saran melalui saluran pengaduan resmi yang telah disediakan.

 

Pengajuan aduan dapat disampaikan melalui whistle blowing system yaitu melalui nomor kontak Whatsapp 08112047077.

Selain  program whistle blowing system, untuk upaya peningkatan kualiatas dan prestasi kerja di Dispusipda provinsi Jawa Barat terdapat program pengendalian gratifikasi, kebijakan penanganan konflik kepentingan, program inisiatif antikorupsi, post employment policy dan pelaporan transaksi keuangan yang tidak wajar oleh PPATK. Hal lain yang sedang didorong berjalan baik adalah pemenuhan enam unsur indikator penunjang dalam sebuah zona integritas, yaitu promosi jabatan secara terbuka, rekruitmen secara terbuka, mekanisme pengaduan masyarakat,  e-procurement , pengukuran kinerja individu dan keterbukaan informasi publik. Semua hal tersebut dapat menjadi output dari sebuah sistem birokrasi yang efektif, efisien, bersih dan benar-benar melayani.

 

***Mia

Artikel Terpopuler
15 Manfaat Membaca Buku dalam Kehidupan
15 Februari 2016 | Dilihat 22275 kali

Buku adalah jendela dunia, dan kegiatan membaca buku merupakan suatu…`

Alih Media Arsip
09 Juli 2015 | Dilihat 3724 kali

Tata cara alih media arsip berkaitan dengan aturan, kaidah, sistem…`

Peluang dan Tantangan dalam Penyelenggaraan Kearsipan di Jawa Barat
28 Desember 2017 | Dilihat 2486 kali

Oleh Abdur Rauf Hamidi, S.Ip, M.AP Arsiparis MudaDISPUSIPDA JabarDiera reformasi seperti…`

Facebook Page
Twitter Feed