Buah Liburan, Semua Anggota Keluarga Punya Kartu Perpustakaan

19 Juni 2019 | Oleh : Administrator Website | Dilihat 131 kali

"Wah, sudah selesai, Pak? Kartu anggota ini betul gratis? Asyik sekali..." Seorang mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung bertanya dengan mata berbinar-binar gembira. Ditemani seorang kawannya ia yang baru pertama kali berkunjung ke perpustakaan Dispusipda Provinsi Jawa Barat, terkesan dengan kecepatan dan keramahan pelayanan Pak Saripudin yang telah membantunya membuatkan kartu anggota perpustakaan.

"Gratis! manfaatkan buku-buku bagus di sini, ya... biar tambah cerdas dan jadi orang sukses," Jawab Pak Saripudin yang selalu ramah berbagi semangat pada para pengunjung perpustakaan, di sela-sela tugasnya mencetak kartu-kartu anggota baru dan kartu perpanjangan.

Menurut Pak Saripudin, saat libur sekolah seperti ini ramai orang tua yang mengantarkan buah hatinya berkunjung ke perpustakaan. Anak-anak itu umumnya sangat antusias dan gembira ketika ayah atau ibu mengizinkan membuat kartu anggota perpustakaan. Anak bisa mengetikkan secara mandiri data untuk kartunya dan tak lama setelah dipotret kartu langsung jadi. Tak sampai 10 menit prosesnya, asal syarat pendaftaran sudah disiapkan, seperti pas foto 2x3 dan fotokopi KTP orang tua. "Ada kartu untuk dewasa dan ada kartu khusus untuk anak-anak," Jelas Pak Saripudin lagi.

Pak Yanto datang berkunjung di hari Minggu bersama istri dan ketiga anaknya. "Saya membawa tas ransel khusus untuk wadah buku-buku yang kami pilih, sudah terbayang pasti akan banyak buku yang kami bawa pulang, karena sekarang semua anak saya sudah punya kartu perpustakaan sendiri." Ia bercerita dengan gembira, dan istrinya pun menambahkan keterangan bahwa anggaran keluarga juga tampaknya bisa lebih dihemat, karena tidak perlu setiap bulan membeli buku bacaan baru dan lemari bukunya, "Saya berharap rumah kami yang mungil bisa tetap terasa lega, namun kebutuhan bacaan anak-anak yang bermutu terus dapat terpenuhi, saya sangat senang anak-anak sudah bisa punya kartu perpustakaan."

Library can change people lives, tampaknya slogan ini benar adanya.


***** Mia Damayanti

Artikel Terpopuler
15 Manfaat Membaca Buku dalam Kehidupan
15 Februari 2016 | Dilihat 14346 kali

Buku adalah jendela dunia, dan kegiatan membaca buku merupakan suatu…`

Alih Media Arsip
09 Juli 2015 | Dilihat 2268 kali

Tata cara alih media arsip berkaitan dengan aturan, kaidah, sistem…`

Peluang dan Tantangan dalam Penyelenggaraan Kearsipan di Jawa Barat
28 Desember 2017 | Dilihat 1575 kali

Oleh Abdur Rauf Hamidi, S.Ip, M.AP Arsiparis MudaDISPUSIPDA JabarDiera reformasi seperti…`

Facebook Page
Twitter Feed