Dokumentasi bangunan

12 Juni 2019 | Oleh : Administrator Website | Dilihat 12 kali

Kota Bandung terkenal dengan julukan Kota Kembang dan “Parijs Van Java”, semula merupakan kota yang indah dan nyaman, dengan lingkugan alam yang asri dan lingkungan kota yang teratur dan tertata rapi.

Kedatangan para arsitek eropa yang bermukim di kota Bandung, mereka berhasil merandang dan mewujudkan karyanya dalam berbagai bentuk, corak, ragam dan gaya bangunan yang megah dan anggun,bernilai seni dan arsitektur tinggi, yang kemudian menyebabkan kota Bandung dijuluki sebagai “Kota Museum Arsitektur”.

Bangunan-bangunan karya masa kolonial tersebut merupakan bangunan langka yang memiliki nilai tinggi baik ditinjau dari sudut sejarah maupun seni, sehingga menjadi bangunan yang layak dilestarikan sebagai warisan budaya kota, dan menjadi asset wisata kota Bandung yang banyak menarik perhatian wisatawan baik nusantara maupun mancanegara.

Agar warisan kebudayaan tersebut dapat memainkan peranannya sesuai dengan Undang-Undang Nomor 5 tahun 1992 tentang Benda Cagar Budaya, perlu diadakan usaha-usaha perlindungan, penyelamatan, pembinaan, penelitian dan pemanfaatannya, sehingga selain bangunan-bangunan lama tersebut dapat dilestarikan juga dapat dinikmati keindahannya, bentuk maupun arsitekturnya.

Terdapat 100 bangunan yang masuk pada kriteria bangunan yang didokumentasikan, diantaranya Gedung sate, Museum geologi, Savoy Homann, Sekolah Santa Angela, Balai Kota Bandung, Gedung Merdeka, Pabrik Kina dan Rumah Sakit Santo Bromeus, serta gedung lainnya yang dapat digunakan untuk kepentigan pendidikan, periwisata dan kegunaan lainnya.
Artikel Terpopuler
15 Manfaat Membaca Buku dalam Kehidupan
15 Februari 2016 | Dilihat 14346 kali

Buku adalah jendela dunia, dan kegiatan membaca buku merupakan suatu…`

Alih Media Arsip
09 Juli 2015 | Dilihat 2268 kali

Tata cara alih media arsip berkaitan dengan aturan, kaidah, sistem…`

Peluang dan Tantangan dalam Penyelenggaraan Kearsipan di Jawa Barat
28 Desember 2017 | Dilihat 1575 kali

Oleh Abdur Rauf Hamidi, S.Ip, M.AP Arsiparis MudaDISPUSIPDA JabarDiera reformasi seperti…`

Facebook Page
Twitter Feed