Bandung Purba : panduan wisata bumi

12 Juni 2019 | Oleh : Administrator Website | Dilihat 69 kali

Di Kota Bandung, segala ide dogodog, dan gagasan dilahirkan dan dikembangkan. Maka lahirlah dari kota ini nama-nama besar dengan gagasan dan karya besarnya. Bandung telah membawa semangat yang luar biasa bagi warganya untuk terus berprestasi. 

Bumi Bandung berada di kuali raksasa cekungan Bandung, yang secara administratif termasuk Provinsi Jawa Barat Indonesia. Cekungan Bandung dikelilingi persawahan, kolam ikan, perbukitan, yang saat ini mulai terdesak oleh permukiman penduduknya. Industri banyak didirikan di kota-kota pinggiran sehingga telah membawa perubahan nyata, baik bagi kehidupan penduduknya ataupun pengaruh negatif bagi lingkungan hidup, seperti pencemaran yang kurang terkontrol, penggunaan air tanah oleh industri belum terawasi dengan baik. Karenanya jangan heran bila air tanah di cekungan Bandung makin hari semakin dalam, dan permukaan tanahnya semakin lama semakin amblas.

Bila waktu diputar mundur ke belakang sekitar 30-25 juta tahun yang lalu, maka akan terbukalah lembaran-lembaran sejarah bumi Bandung yang masih tersimpan baik dalam catatan-catatan alam di bebatuan dan berbagai bentukan alam di cekungan Bandung.

Bandung bukan hanya memiliki pusat jajanan yang lezat dan factory outlet. Keindahan alam Bandung merupakan salah satu daya tarik, yang bila dinikmati dengan ilmu dan hati, kita akan terpesona olehnya. Dengan keragaman buminya, Bandung mempunyai daya tarik tersendiri.

Beberapa catatan sejarah alamyang sangat kaya, diantaranta kars rajamandala, karangpanganten Padalarang, taman batu di puncak pasir pawon, gunung hawu, guha bancana, tiang batu heksagonal di gunung api purba lagadar, gunung api purba patenggeng, kaldera purba nagrek, gunung malabar, gunung api purba manglayang, serta tempat lainnya.
Artikel Terpopuler
15 Manfaat Membaca Buku dalam Kehidupan
15 Februari 2016 | Dilihat 17775 kali

Buku adalah jendela dunia, dan kegiatan membaca buku merupakan suatu…`

Alih Media Arsip
09 Juli 2015 | Dilihat 2970 kali

Tata cara alih media arsip berkaitan dengan aturan, kaidah, sistem…`

Peluang dan Tantangan dalam Penyelenggaraan Kearsipan di Jawa Barat
28 Desember 2017 | Dilihat 2028 kali

Oleh Abdur Rauf Hamidi, S.Ip, M.AP Arsiparis MudaDISPUSIPDA JabarDiera reformasi seperti…`

Facebook Page
Twitter Feed