Jantung Paris Van Java

12 Juni 2019 | Oleh : Administrator Website | Dilihat 59 kali

Kenyamanan dan kerapian masa lalu, mungkin sudah tidak kita rasakan lagi sekarang, karena tidak banyak peninggalan yang masih mampu bercerita tentang masa jaya Bandung pada masa itu. Padahal peninggalan-peninggalan yang masih mampu bercerita ini sebetulnya memiliki banyak kisah yang dapat mengungkap perjalanan Kota Bandung beserta situasinya di masa lalu. Berbagai gedung dengan arsitektur unik (bergaya eropa ataupun campuran, terutama dibangun pada akhir abad ke-19 hingga periode awal abad ke-20) memang masih terlihat berdiri di beberapa tempat. Beberapa bangunan tersebut dalam kondisi kumuh tidak terawat, tetapi sebagian lain masih tampak dalam keadaan cukup baik.

Kondisi serupa terjadi juga di Jalan Braga yang dulunya mewakili pembentukan citra “Paris Van Java”. Braga masa kini hampir tidak berbeda dengan jalan-jalan lain di Kota Bandung, dengan polusi suara dan polusi udara serta terik matahari yang dari hari ke hari kian memanas saja.

Hingga dekade 1910-an, Jalan Braga sebetulnya merupakan sebuah lintasn jalan yang asri. Sisi-sisi jalan masih rimbun oleh pepohonan berukuran sedang dan besar. Memasuki tahun 1920-an, suasana asri beranjak berubah di jalan ini. Pepohonan semakin berkurang, digantikan oleh bangunan-bangunan toko yang berdiri persis di tepi jalan dan tidak lagi memiliki pekarangan.

Saat ini, persis di bagian tusuk sate ujung selatan Jalan Braga, kita bisa menemukan sebuah bangunan tua yang cukup besar dengan sebuah menara, warga bandung mengenalnya sebagai toko de Vries.

Di pojok barat simpang Jalan braga, sebuah bangunan lain menempati hook, dulunya sebagian bangunan ini merupakan sebuah schouwburg tempat diselenggarakannya berbagai pertunjukkan kesenian bagi kalangan elite kota. Dan masih banyak bangunan lain yang bersejarah merupakan peninggalan kaum kolonial Belanda.
Artikel Terpopuler
15 Manfaat Membaca Buku dalam Kehidupan
15 Februari 2016 | Dilihat 17778 kali

Buku adalah jendela dunia, dan kegiatan membaca buku merupakan suatu…`

Alih Media Arsip
09 Juli 2015 | Dilihat 2971 kali

Tata cara alih media arsip berkaitan dengan aturan, kaidah, sistem…`

Peluang dan Tantangan dalam Penyelenggaraan Kearsipan di Jawa Barat
28 Desember 2017 | Dilihat 2028 kali

Oleh Abdur Rauf Hamidi, S.Ip, M.AP Arsiparis MudaDISPUSIPDA JabarDiera reformasi seperti…`

Facebook Page
Twitter Feed