Survei Indeks Kepuasan Masyarakat Dispusipda Jabar Tahun 2018 Semester I

26 Oktober 2018 | Oleh : Administrator Website | Dilihat 435 kali

Survei Kepuasan Masyarakat yang dilakukan terhadap Dinas  Perpustakaan dan Kearsipan Daerah  Provinsi Jawa Barat menggunakan indikator dan metodologi survei yang sudah ditentukan bertujuan untuk memperoleh indeks kepuasan masyarakat (IKM).

Survei ini dilakukan dilakukan per semester dalam tahun 2018


Jumlah Responden

Responden dipilih acak, untuk memenuhi akurasi hasil penyusunan indeks, responden terpilih ditetapkan memakai sampel  Morgan dan Krejcie  152  sampel

 

Lokasi dan Waktu Pengumpulan Data

Pengumpulan data dilakukan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah  Provinsi Jawa Barat pada saat jam kerja

 

Waktu Pengumpulan Data

Pengumpulan data dilakukan pada periode  Juli 2018 s.d.  Agustus  2018

 

Pengolahan Data dan Penilaian

Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat ( IKM ) dihitung menggunakan rumus :

1. Bobot Nilai Rata –rata tertimbang= Jumlah bobot / Jumlah unsur = 1/9 = 0,111

2. IKM = Jumlah nilai per unsur / jumlah unsur terisi X 0,111

3. Interpretasi = IKM X 25


Nilai Persepsi Interval IKM, Interval konversi IKM,

Mutu Pelayanan dan Kinerja Unit Pelayanan.

NILAI PRESEPSI

NILAI INTERVAL

(NI)

NILAI INTERVAL KONVERSI

(NIK)

MUTU

PELAYANAN

(x)

KINERJA

UNIT

PELAYANAN

(y)

1

1,00 -    2,5996

25,00 -  64,99

D

Tidak baik

2

2,60 -     3,064

65,00 - 76,60

C

Kurang baik

3

3,0644 - 3,532

76,61 -  88,30

B

Baik

4

3,5324 - 4,00

88,31 -  100,00

A

Sangat Baik 

 

Pendapat Responden Tentang Pelayanan Publik Pelayanan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah  Provinsi Jawa Barat

 

 

Nilai Rata-Rata Tiap Unsur Pelayanan

Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi Jawa  Barat

NO

UNSUR SKM

Rata-rata

Skor

Kategori

Peringkat

1

Persyaratan

3,0658

B

7

2

Sistem, Mekanisme, dan Prosedur

3,0789

B

6

3

Waktu Penyelesaian

3,0658

C

9

4

Biaya/Tarif Denda

3,0789

B

5

5

Koleksi  Spesifikasi jenis pelayanan

3,0724

B

8

6

Kompetensi pelaksana

3,0921

B

4

7

Perilaku pelaksana.

3,1842

B

3

8

Penanganan  Pengaduan Saran dan Masukan .

3,2237

B

2

9

Sarana dan Prasarana

3,3553

A

1

INDEKS  KEPUASAN MASYARAKAT  IKM

DINAS  PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN DAERAH

PRONISI JAWA BARAT

SEMESTER  1 TAHUN 2018




Terimakasih  atas penilaian yang telah anda berikan  masukan  anda sangat bermanfaat  untuk kemajuan  unit kami agar terus  memperbaiki  dan meningkatkan kualitas  pelayanan masyarakat.

Artikel Terpopuler
15 Manfaat Membaca Buku dalam Kehidupan
15 Februari 2016 | Dilihat 22283 kali

Buku adalah jendela dunia, dan kegiatan membaca buku merupakan suatu…`

Alih Media Arsip
09 Juli 2015 | Dilihat 3724 kali

Tata cara alih media arsip berkaitan dengan aturan, kaidah, sistem…`

Peluang dan Tantangan dalam Penyelenggaraan Kearsipan di Jawa Barat
28 Desember 2017 | Dilihat 2487 kali

Oleh Abdur Rauf Hamidi, S.Ip, M.AP Arsiparis MudaDISPUSIPDA JabarDiera reformasi seperti…`

Facebook Page
Twitter Feed