La Tansa, Pengelolaan & Penataan Sistem Kearsipan

06 Desember 2017 | Oleh : Administrator Website | Dilihat 130 kali


Arsip adalah rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang dibuat dan diterima oleh lembaga negara, pemerintah daerah, lembaga pendidikan, perusahaan, organisasi politik, organisasi kemasyarakatan, dan perseorangan dalam pelaksanaan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Rekaman dapat berbentuk tulisan, gambar, suara. Media rekaman dapat berupa kertas, film, disk, kaset.

Sebagian besar perangkat daerah provinsi jawa barat dalam pengelolaan arsip dinamis belum dilaksanakan secara efisin, efektif, dan sistematis. Baik pada penciptaan, penggunaan, maupun pemeliharaan, serta penyusutan arsip. Pengelolaan arsip dinamis juga belum menjamin ketersediaan arsip dalam penyelenggaraan kegiatan sebagai bahan akuntabilitas kinerja dan alat bukti yang sah. 

Kondisi kearsipan yang belum andal, sistematis, utuh, menyeluruh dan belum sesuai dengan norma, standar, prosedur dan kriteria menyebabkan belum terjaganya keautentikan, keutuhan, keamanan, dan keselamatan arsip.

Berdasarkan masalah diatas, diperlukan perubahan metode dan prosedur pembinaan pengelolaan sistem kearsipan. Melalui komunikasi koordinasi yang lebih ringkas, sederhanaakan dapat diketahui permasalahan kearsipan pada setiap organisasi pencipta arsip pada perangkat daerah baik permasalahan kompleks maupun sederhana.

Latansa merupakan progran pengelolaan penataan sistem kearsipan Dispusipda yang menawarkan komunikasi koordinasi dan konsultasi lebih efektif dan efisien serta pemberian solusi permasalahan kearsipan.

Latansa merupakan istilah bahasa arab yang artinya "Jangan Lupa". Nama ini diambil karena kearsipan mempunyai peranan sebagai pust ingatan, sebagai sumber informasi, dan sebagai alat pengawasan yang sangat diperlukan dalam setiap organisasi.

Program latansa ini diimplementasikan melalui media seluler atau telepon genggam (HP) dengan menggunakan media chatting Whatsapp dengan cara meng-add nomor whatsapp latansa. Diharapkan dengan adanya program latansa ini akan menghasilkan solusi masalah kearsipan yang manfaatnya besar.


Artikel Terpopuler
15 Manfaat Membaca Buku dalam Kehidupan
15 Februari 2016 | Dilihat 5153 kali

Buku adalah jendela dunia, dan kegiatan membaca buku merupakan suatu…`

Pentingnya Budaya Membaca
17 Februari 2016 | Dilihat 488 kali

Membaca bukan merupakan kata yang asing bagi telinga masyarakat. Sampai…`

ARSIP SEBAGAI BUKTI TAK TERBANTAHKAN
29 Januari 2016 | Dilihat 385 kali

PENDAHULUANCitra kearsipan di Indonesia dewasa ini belum  mendapat tempat yang…`

Facebook Page
Twitter Feed