Pentingnya Budaya Membaca

17 Februari 2016 | Oleh : Administrator Website | Dilihat 309 kali

Membaca bukan merupakan kata yang asing bagi telinga masyarakat. Sampai sekarang, sudah banyak pepatah-pepatah bijak tentang membaca,namun kegiatan membaca itu sendiri semakin jarang dilakukan oleh masyarakat. Jika hal ini berkelanjutan secara-terus menerus, tentu saja budaya membaca itu sendiri akan memudar sampai akhirnya budaya membaca akan hilang dari diri masyarakat. Keadaan ini sungguh sangat memprihatinkan.

Budaya membaca dapat ditingkatkan dengan berbagai cara, salah satunya ialah memberitahukan fungsi dari membaca itu sendiri. Berikut dipaparkan beberapa fungsi membaca:

  • Membaca merupakan suatu gerbang untuk mencapai kesuksesan. Mengapa demikian? Karena dengan membaca kita dapat menambah ilmu serta wawasan, dengan begitu kita dapat mencapai gerbang kesuksesan dengan mudah. Tentu saja kita semua ingin menjadi orang sukses, maka dari itu kita harus membudidayakan budaya membaca sedini mungkin.
  • Membaca juga merupakan alat untuk menjelajah dunia . Hanya dengan membaca kita dapat mengetahui,mengenal, merasakan dunia tanpa harus benar-benar pergi keliling dunia. Kita hanya perlu membaca buku-buku mengenai sejarah-sejarah dunia, budaya-budaya yang ada di dunia,dll.
  • Membaca menuntun kita untuk menjadikan negara kita menjadi negara yang maju. Karena dengan banyak membaca, kita bisa menjadi orang yang cerdas. Dengan menjadi orang yang cerdas kita bisa membangun negara kita menjadi negara yang terpandang, negara yang tidak diremehkan, dan negara yang diakui karena kehebatannya.

Untuk itu budaya membaca sangat dibutuhkan. Tanpa budaya membaca kita akan sulit untuk mencapai sebuah kesuksesan. Tanpa budaya membaca kita juga tidak bisa dengan mudah menjelajah dunia. Tanpa budaya membaca negara kita tidak akan pernah menjadi negara maju, negara kita akan selalu tertinggal, baik dari segi teknologi, ekonomi, pendidikan, dsb. Mulailah membaca sedini mungkin, tidak ada kata terlambat untuk membudidayakan budaya membaca, ingatlah kata pepatah, Better Late than Never.


sumber (artikel)

Artikel Terpopuler
15 Manfaat Membaca Buku dalam Kehidupan
15 Februari 2016 | Dilihat 799 kali

Buku adalah jendela dunia, dan kegiatan membaca buku merupakan suatu…`

Pentingnya Budaya Membaca
17 Februari 2016 | Dilihat 309 kali

Membaca bukan merupakan kata yang asing bagi telinga masyarakat. Sampai…`

ARSIP SEBAGAI BUKTI TAK TERBANTAHKAN
29 Januari 2016 | Dilihat 236 kali

PENDAHULUANCitra kearsipan di Indonesia dewasa ini belum  mendapat tempat yang…`

Facebook Page
Twitter Feed